Rabu, 06 Februari 2013

Singapore!

Setelah diplanning selama 2 bulan, beli tiket bulan november, dan akhirnya kita bisa ke luar negeri bareng! yay! walau tujuan yang dipengenin adalah Jepang, tapi siapa yang bisa nolak liat tiket murah ke negara tetangga, itung-itung belajar naik MRT nya kan yah. Langsung banci itinerary ini *baca:gw* nyusun semua atraksi buat turis, penginapan dan transportasi selama disana. Setelah konsultasi ke sahabat yang udah sering kesana, nanya-nanya blogger idola metariza yang juga baru posting liburan singapore, dan juga kaskuser yang jual tiket atraksi singapore..berhasil deh gw nyusun itin yang lengkap dan InsyaAllah terlaksana semua selama di singapura.
Manusia berencana, Tuhan menentukan. Ternyata Harvien keterima sekolah lanjutan di Bandung, dan kuliah mulai seminggu sebelum berangkat, Seminggu sebelum berangkat itu juga Jakarta dilanda musibah banjir. Rumah mertua tempat gw tinggal selama Harvien kuliah di Bandung, kena banjir 70 cm di dalem rumah (termasuk uler sanca yang mau namu pas banjir tersebut). Tapi tekad udah bulat, kita musti pergi jalan-jalan..sebelum mulai kerja dan kuliah di tahun 2013, setidaknya musti liburan, gitu pikir kita *digetok mertua* *hihihihi, engga kok keluarga ikhlas kita pergi liburan..so despite the chaos, we finally manage to go on a holiday, so off we go to Singapore!
**panjang juga intronya yah**

Day 1:
Flight kita yang pagi, jam 7.00, jadi pas sampe masih pagi sekitar jam 10.00 waktu singapore, sebelum sampe untung sempet liat email, ternyata waktu ketemuan ama wakil fransisca (linda), tmp gw beli tiket2, diundur sejam dari waktu yang dijanjikan, berarti juga kita bisa naro tas dulu di hostel, daripada muter2 bawa tas kan. Di bandara Changi, langsung ke arah penunjuk ke kota naik MRT, kemudian ada loket pembelian ez-link (kalau cari tourist pass, sayangnya ga dijual di loket tsb, musti beli single tiket buat ke loket yang jual tourist pass di kota, males repot gw langsung beli ez-link aja). Sempet mikir mau beli kartu sim card buat handphone, tapi gak jadi buat meminimalkan pengeluaran dan mikir kan masih bisa pake wifi aja *sokiye hehehehe.
Dengan Ez-linknya yang kepake banget buat transportasi (harga 12,5 SGD), ke bugis mrt, karena hostel di daerah bugis (walau bisa juga dari nicoll highway mrt). taro tas, terus langsung ke orchard mrt, di orchard mrt deg2an kalau ga ketemu orangnya gimana inihh..tapi sms dgn no indonesia, dan kasi tau kita nunggu dimana, baju apa, akhirnya ketemu juga *horraayy (sekali itu aja kepake sms, setelah itu telpon dimatiin).
Udah dapet tiket2nya yaitu : USS (66 sgd), Song of the sea (8.5 sgd), luge n skyride (10 sgd), dan terakhir beli di deal.com : garden by the bay (cool conservatory n flower doom) (199rb), udah siap deh modal buat jalan-jalan di singapore. Nyari makan siang yang agak deg2an, jadi keluar ke orchard mrt, ada petunjuk buat ke food court ion mall, liat2 dulu yang mana gak semua bisa dimakan (tapi petunjuknya jelas, ini pake babi atau engga sih) pilihan jatuh ke nasi kari (yang paling murah dan banyakk hihihi). pas liat twelve cupcake, ehh ini kan cupcake yang terkenal ituhh, langsung beli yang red velvet, chocolate, dan nutella, di bungkus buat dimakan di tujuan selanjutnya
ngikutin itin yang udah gw bikin, hari pertama sore hari itu mau ke garden by the bay. okeh, masuk mrt lagi, keluar di harbour front (gw udah search n save pake gothere.sg, kira2 awal n tujuan gw, n di save di email, dan juga di pic hp)..pas liat2 taman yang spektakuler, sambil makan cupcake berasa piknik banget, udah mulai deh berandai-andai, i wish my town has park as good as this, please pak Jok*wi, pasti banyak banget yang dukung.

Jadwal setelah Garden by the bay ini adalah IKEA, jadi pulang dulu ke hostel, mandi dan cuss lagi naik MRT ke IKEA Alexandra. Sebenernya tujuan utama ya mau makan swedish meatball, diselingi lihat2 furniture bagus (secara susah juga dibawa pulang ke jakarta ya, jd ya liat2 aja). Tapi ternyata swedish meatball di ikea alexandra ini ga halal, terpaksa ngiler aja liatnya (ga kepikiran beli salmon aja gitu *hiks). Makan malam di sebrang sultan mosque, Al-Tasneem, yang mana sudah malam dan pilihanpun terbatas.

Day 2 : USS - Singapore Flyer
Tadinya USS dijadwalkan di hari ke 3, tapi harvien liat ramalan cuaca kalo hari ke3 itu bakal hujan, oke deh kita majuin aja.
USS nya seruuu, singkat cerita kami naikin semua permainan kecuali jurassic park -simply karena males basah-basahan aja sih.
Harvien sendiri mabok abis main battlestar galactica-cyclone.
*hihihi *ini gak termasuk mengumbar aib suami kan ya :p
terus ketawa-ketawa di atraksi waterworld, penghibur yg awal tampil top banget deh
setiap atraksi ada toko souvenirnya, tapi gw cm liat-liat aja, rencananya pas di toko souvenir terakhir aja deh.
 *ga direncanakan loh ini pake baju warna hijau, tapi gw kan maunya jadi snow white! ihhhh
 *kesukaan waktu kecil, elmo FTW!
*akhirnya ada yang bantu fotoin :D*

tujuan berikutnya adalah Singapore Flyer, gak pake balik ke hostel, langsung aja ke arah harbour front, ehhh pas keluar masih kesorean niatnya kan mau liat lampu2 singapore dari atas, karena gw ambil yg tiket all-day, muter-muter dulu di mall Parco, tepat di pintu keluar MRT, ada diskon kakaakk, berhubung budget terbatas diliat yang hanya menjadi tujuan, jreng-jreng brooks pure connect jadi 89 SGD ajaloh, bungkuusss! dan gak tanggung2, harvien dan gw beli sepasang *langsung bangkrut -__-*
*langsung dipake keesokan harinya :D

daripada tambah banyak kerusakan dompet kan, langsung ke singapore flyer aja deh yaa

Kalo yang baru ke singapura *kayak kita ini* wajib deh ya naik ginian, diulang lagi sih ogah! :D

Day 3 : Museum Peranakan, Luge & Skyride dan Song of the sea
Tadinya luge & skyride dan song of the sea ini kan dijadwalkan barengan ama USS, tapi karena faktor ramalan cuaca jadi USSnya dimajukan dann tiket Song of the sea nya yang terjadwal itu gak bisa diubah-ubah kann, jadi deh 2 hari main di sentosa island.
Museum Peranakan sendiri karena kami suka museum :), dan kalo baca museum singapore katanya menarik kan yah, jadi deh penasaran.
Museum peranakan sendiri ceritanya tentang tahapan hidup wanita peranakan (umumnya keturunan cina-melayu), ga beda jauh sama indonesia juga, dari mulai kecil, sampai menikah dan menjadi nyonya rumah.
asiknya museum ini sangat interaktif, ada guide yang menjelaskan setiap sudut museum (dan gratis!), ada video yang menampilkan gimana kehidupan peranakan saat ini dan bahkan ada bapak dan ibu yang kasih nasihat saat di pelaminan (dalam bentuk foto-video, seperti di harry potter! seru banget!)

*telponnya ini ada suaranya loh! ini ceritanya sepupu eh apa tante ya, yang telpon mengabarkan kalau ibu sakit, call me norak, but this is soo cool :D
Tentang museum peranakan, lebih lengkapnya bisa diliat disini
Selesai dari tour museum peranakan, kita mikir mau liat orchard, udah mikir mau beli apa-apa gitu, ternyata ga minat sama sekali, yes suami senang istri bisa mengontrol nafsu belanja..padahal mah karena sakit aja kakinya, jadi terdistraksi banget..
alhasil kami malah duduk-duduk di sepanjang jalan orchard ini :p
Bosen di orchard, kami pindah tempat duduk di depan mall vivo city *hayuh, jauh amat pindah tempat duduknya neng -__-
senang yaa, di singapore ini banyak tempat duduk buat menikmati hari, *plis pak jok*wi, rapiin jakarta biar bisa kayak gini.
Udah cukup sore, cuss ke sentosa lagi buat main luge & skyride dan nonton song of the sea

End of day 3, not! karena dodol lupa cek saldo ez-link, mas mau naik MRT pulang, itu kartu ga bisa di swap kakakk, terpaksa antri panjang beli tiket single..manapun nyasar pas naik MRTnya, gak salah sih, tapi kalo mau nurutin rutenya 1,5 jam aja, langsung turun dan naik lagi MRT yang bener ke Nicol highway (mungkin skip karena udah capek banget yaaa)
Dimalam terakhir ini kami dikasi upgrade kamar yang lebih lega dan ada kamar mandinyah *memang Allah bersama orang-orang yang sabar :D
*euphoria dapet kamar yang ada kamar mandinya*
*teras tempat sarapan*
Hostelnya sendiri enak, dikasi sarapan roti, cereal, teh, kopi dan milo dan kalau males ribet emang mending pilih kamar yang ada kamar mandinya aja yah *pengalaman deh buat kita :D

Day 4 : Mustafa-Bugis junction-Jakarta

Ini sebenernya hari terakhir mau abisin SGD kan, jadi belanja deh, hurraayyy! Sayang isi ez-link jadi kita jalan kaki aja ke mustafa dari hostel (lumayen jaraknya loh..urut-urut kaki yang masih pegel ampe seminggu kedepan).

Dari hostel ampe ke mustafa itu ternyata heritage trail, yang ada bangunan bersejarah macam sekolah, dan masjid, jadi yaa gak sekadar jalan aja kan, sambil foto-foto tentunyah..
Mustafa sendiri kayak supermarket serba ada, yang bener-bener serba ada, tapi kami tentu saja beli coklat ajah :D *turiskere
Selesai belanja di Mustafa, harvien balik ke hostel buat ambil koper, dan gw nunggu di MRT bugis junction *suami baik*. cuss deh ke changi, di Changi airport bisik-bisik mau balik ke singapore lagi gak? kata pak suami "kita coba negara lain ajah" -_-*